5 Cara Menghindari Hipertensi

, , Comment closed

Salah satu penyakit yang sering dialami oleh pekerja ibukota adalah maag dan juga hipertensi. Seringnya menunda waktu makan akibat kesibukan pekerjaan menjadi penyebab asam lambung naik yang berujung pada maag sementara hipertensi hadir karena berbagai alasan. Nah, bicara tentang hipertensi, bagi kalian yang menderita penyakit ini harus mulai berhati-hati lho. Sebab hipertensi jika didiamkan bisa berujung pada masalah kesehatan yang lebih serius, seperti serangan jantung misalnya.

Berikut kami berikan alasan cara-cara apa saja yang bisa ditempuh untuk menghindari hipertensi:

  1. Kurangi konsumsi garam. Nah, perhatian nih untuk kalian yang senang dengan makanan asin dan juga gurih. Agar tidak terjangkit hipertensi, maka sebaiknya kurangilah konsumsi garam harian kita. Sebab garam mengandung banyak sodium yang bisa memicu tekanan darah tinggi. Menurut British Medical Journal, asupan garam berdampak secara langsung pada tekanan darah kita. Oleh sebab itu, sebisa mungkin kurangilah konsumsi garam dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Rajin berolahraga. Selain mengurangi konsumsi garam, hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan rajin berolahraga dan beraktivitas di luar ruangan. Sebab aktivitas ini mampu menurunkan tekanan darah dan juga berdampak positif untuk tuuh kita. Aktivitas olahraga yang dilakukan tidak perlu ribet-ribet, kok. Bisa dengan berjalan kaki, jogging, bersepeda, berenang, atau jalan cepat.
  3. Hindari kebiasaan merokok. Setiap batang rokok yang kita isap akan membawa dampak buruk bagi kesehatan kita, salah satunya adalah dengan meningkatkan tekanan darah. Oleh sebab itu, untuk kalian yang memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya mulailah menguranginya agar tubuh lebih sehat dan bebas nikotin.
  4. Jangan sampai stress. Stress merupakan salah satu penyebab mengapa tekanan darah kita bisa meningkat. Apalagi jika stress ini diimbangi dengan kebiasaan merokok yang akut dan makan yang tidak dijaga. Nah, agar kita terhindar dari stress, coba deh untuk tidak overthinking sesuatu yang menjadi masalah kita. Luangkan waktu untuk me time sembari memikirkan jalan keluar untuk masalah secara jernih.
  5. Ngemil buah semangka. Nah, ini nih cara termudah sekaligus paling enak untuk menghindari hipertensi: makan semangka! Mengapa? Pasalnya semangka ini bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Terlebih rasanya sangat enak dan mengandung banyak air yang bisa menghindarkan kita dari dehidrasi.

Nah, semoga cara-cara di atas bisa membantu untuk mengurangi hipertensi! Selamat mencoba, ya!