4 Tips Bebas dari Kolesterol Tinggi

, , Comment closed

Sekarang ini, masalah kolesterol tidak hanya diderita oleh orang tua saja, tetapi juga oleh orang muda. Akan tetapi, jangan takut dulu karena kolesterol tinggi bisa diatasi dengan banyak cara. Cara menurunkan kolesterol ada banyak jenisnya. Untuk kalian yang memiliki masalah kolesterol tinggi dalam tubuh, kalian bisa mencoba beberapa cara di bawah ini. Simak, ya!

  1. Selalu konsumsi makanan sehat. Memastikan makanan yang masuk ke dalam tubuh adalah makanan sehat merupakan salah satu cara muah untuk mengatasi kadar kolesterol. Entah itu dengan mengonsumsi buah-buahan, sayuran, gandum, oat, atau bahkan ikan laut. Jenis makanan ini mengandung plant stanol ester yang terbukti mampu menurunkan kolesterol jahat hingga 11% dalam dua minggu jika dikonsumsi secara konsisten.
  2. Rajin bergerak. Masyarakat ibukota terkenal sebagai masyarakat yang malas bergerak. Kesibukan kita membuat kita secara terus menerus duduk di depan laptop sepanjang hari. Ketika waktunya pulang, kita pun lebih memilih menggunakan jasa transportasi online dibanding berjalan kaki. Nah, ubah deh kebiasaan ini secara perlahan-lahan. Sediakan waktu untuk berjalan kaki, aktif bergerak, atau bahkan sisihkan waktu untuk jogging di akhir pekan. Meski terdengar sederhana, namun dampaknya cukup signifikan untuk tubuh kita.
  3. Menjaga berat badan. Menjaga berat badan bukan berarti ‘memaksa’ tubuh kita untuk kurus sepanjang waktu. Tubuh kurus bukan berarti sehat dan bisa terhindar dari kemungkinan kolesterol tinggi. Namun, jaga juga agar tubuh tidak kelebihan berat badan karena obesitas bisa berujung pada penyakit jantung koroner dan juga stroke.
  4. Hindari minuman manis dan makanan cepat saji. Makanan dan minuman ini memang termasuk ke dalam kenikmatan duniawi karena rasanya yang enak. Akan tetapi, kita tidak tahu bahwa ada bahaya yang mengintai di balik keduanya. Minuman yang mengandung gula dan makanan cepat saji sangat berkontribusi aktif untuk meningkatkan berat badan, kolesterol jahat, serta menaikkan risiko penyakit jantung.

Selain beberapa cara di atas, kita juga disarankan untuk mengecek kesehatan secara berkala. Dengan demikian, kita bisa mendeteksi ada masalah apa pada kesehatan kita. Selamat mencoba!