4 Olaharaga yang Dianjurkan untuk Penderita Kolesterol

, , Comment closed

Selain faktor keturunan, kolesterol juga bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti masyarakat yang tidak mau menerapkan pola hidup sehat bebas kolesterol. Akibatnya kadar kolesterol tidak terkontrol dan akhirnya harus mencari cara menurunkan kolesterol secara alami, seperti menghindari berbagai makanan yang tinggi lemak jenuh dan rutin berolahraga.

Untuk makanan yang baik untuk menurunkan kolesterol adalah makanan yang kaya serat, seperti oatmeal, yoghurt, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi. Sedangkan, olahraga yang dianjurkan untuk penderita kolesterol adalah sebagai berikut.

  • Taichi

Sebenarnya olahraga ini merupakan teknik bela diri yang berkembang di Cina. Namun manfaatnya yang banyak membuat seni bela

latihan yoga

diri ini diterapkan di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Gerakan taichi yang tidak terlalu keras cocok dipraktikkan oleh berbagai usia, mulai anak-anak hingga dewasa. Dilansir dari tribunnews, meskipun gerakan taichi tidak terlalu berat tapi ternyata dapat menurunkan kolesterol jahat sebesar 12% hingga 15%. Cocok

  • Yoga

Selain taichi, ada juga olahraga yang tidak terlalu membebankan kerja jantung, yaitu yoga. Yoga merupakan kombinasi antara gerakan, pernapasan, dan ketenangan pikiran. Dengan melakukan yoga, Anda dapat menurunkan kolesterol jahat mulai dari 14% hingga 35%. Jenis olahraga ini bermanfaat untuk menenangkan pikiran sehingga dapat membuat Anda rileks dan berdampak baik pada kesehatan jantung.

  • Aerobik

Nah, berbeda dengan taichi dan yoga, aerobik cenderung melibatkan lebih banyak gerak untuk memacu jantung agar dapat memompa darah lebih cepat dan kuat. Karena dapat memompa darah lebih cepat, banyak penderita kolesterol yang memilih untuk melakukan olahraga ini. Jika dilakukan secara tepat dan rutin, aerobik dapat menurunkan kolesterol jahat dengan efektif.

  • Berjalan

Kalau Anda masih keberatan untuk melakukan beberapa olahraga di atas, Anda berolahraga cukup hanya dengan berjalan kaki. Berjalan kaki dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Akan lebih efektif lagi jika berjalan kaki dengan olahraga lain seperti bersebeda, berlari atau berenang.

Yang terpenting, lakukan olahraga yang paling Anda sukai agar Anda bisa rutin melakukannya dengan senang hati. Setelah beberapa bulan, pasti Anda akan merasakan perubahan yang signifikan jika berolahraga. (Rima)