4 Cara Optimasi Gambar Pada Artikel Agar Maksimal

, , Comment closed

Pada setiap artikel dalam website biasanya akan dilampirkan gambar atau image untuk mendukung isi artikel agar lebih menarik pembaca, namun sayangnya gambar tidak dapat diindeks oleh robot google dan juga gambar terkadang membuat loading website semakin berat.

Jika Anda menjalankan SEO dengan SEO Consultant, biasanya Anda akan disarankan untuk mengoptimasi image dalam website Anda juga, ini berguna supaya website tidak berat dan semakin optimal karena dibaca oleh google.

Berikut empat cara optimasi gambar dalam website:

  1. Memilih Format File yang Tepat

pastikan Anda sudah memilih format gambar yang tepat sebelum mengkompres ataupun edit. Disarankan Anda memakai Format gambar JPEG ataupun PNG

  1. Kompres Gambar

Dalam meng-kompres gambar Anda harus seimbang antara kualitas kompres dan ukuran gambar. Prinsipnya adalah mendapatkan kualitas kompres yang tinggi dengan ukuran gambar seminimal mungkin.

Untuk kompres gambar, Anda dapat menggunakan tools pada laptop atau via desktop seeprti Adobe Photoshop, Gimp dan sebagainya. Secara online beberapa alat optimasi gambar otomatis yang bisa Anda gunakan adalah TinyPG, ImageOptim, OptiPNG, Trimage, dan Kraken.

  1. Ubah Alt Text Gambar

Alt text gambar memberikan indikator kepada Google tentang apa halaman tersebut.Jika Anda mengunggah beberapa gambar dalam satu posting, alt text gambar pertama harus mengandung focus keyword yang ditargetkan. Gambar-gambar selain itu bisa menggunakan alt text yang masih mengandung focus keyword, tetapi dengan variasi yang masih relevan.

  1. Gunakan Nama File Gambar yang Sesuai

Buatlah nama file gambar yang mengandung focus keyword yang Anda targetkan. Nama file gambar akan membantu gambar tersebut untuk muncul di Google Image Search yang bisa menjadi salah satu sumber trafik.

Setelahnya, pakai tanda penghubung antar kata di nama file tersebut karena akan terbaca sebagai spasi. Jika tidak menggunakan tanda penghubung, nama file gambar tersebut tidak akan terbaca sebagai kata-kata yang terpisah.