4 Aturan Tidak Terlulis Menjadi Supporter Bola

, , Comment closed

supporter

unsplash.com

Nonton bola memang seru banget. Menyaksikan tim kesayangan bermain dilapangan bikin serasa ikut bermain didalam pertandingan, deg-degan! Menjadi supporter setia sepak bola memberikan banyak sekali pengalaman, dari bertemu dengan orang-orang baru sampai pengalaman seru yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Seperti ikut bernyanyi yel-yel tim atau bahkan ikut naik truk angkutan barang untuk menyerukan dukungan kepada tim kesayangan.

Namun dalam beberapa hari ini terjadi peristiwa dimana mencoreng nama baik supporter bola Indonesia. Seorang supporter Persija Jakarta meninggal dunia karena bentrokan dengan Bobotoh, supporter Persib Bandung. Peristiwa memperlihatkan bagaimana obsesi supporter tim bola bisa membuat manusia lupa untuk menghargai orang lain yang memiliki perbedaan pendapat. Jelas ini adalah contoh yang buruk untuk orang lain, terutama anak-anak.

Menjadi supporter bola ada beberapa aturan yang harus kamu ketahui untuk menjadikan diri kamu menjadi pribadi yang baik dan juga berkelas namun tetap bisa seru-seruan dukung tim kesayangan. Ini harus kamu lakukan untuk menghindari kejadian-kejadian tidak terpuji yang kini kian sering terjadi di dunia supporter sepak bola. Jika kamu adalah supporter bola yang setia, ada baiknya kamu mengetahui 4 aturan tidak tertulis dibawah ini!

  • Pelajari Permainan dan Pemain Sepak Bola

Ga seru banget kan, jika salah satu supporter bola terus-menerus menanyakan progress pertandingan. Padahal menonton pertandingan bola juga membutuhkan kosentrasi untuk mengetahui setiap momen-momen serunya. Maka dari itu, jika kamu suka nonton bola, ada baiknya kamu mulai perlajari aturan-aturan dalam pertandingan. Kenali juga pemain tim kesayangan kamu supaya tidak bingung saat menonton dan menggangu orang lain. Semakin paham kamu dengan pertandingan dan juga tim kesayangan, semakin seru kamu nontonnya!

  • Kompak dan Kreatif

Jadi supporter bola pasti ingin rasanya nonton secara langsung untuk mendukung tim kesayangan. Dengan datang secara langsung kamu akan bertemu dengan supporter-supporter lainya. Kamu bisa bangun relasi dengan  orang-orang baru tersebut. Supaya suasana semakin seru dan tim kesayangan semakin semangat dalam bertanding, buat dukungan sekompak-kompaknya dan sekreatif mungkin bersama dengan yang lain! Buat acara menjadi lebih heboh daripada sebelumnya, dari buat yel-yel sampai membuat tarian khusus untuk dukung tim. Dijamin makin seru deh!

  • Jaga Kebersihan dan Keamanan

Kalau sudah seru-seruan jangan lupa untuk menjaga kebersihan ya! Ini yang kadang sering dilupakan banyak supporter bola. Bekas botol minum atau makanan dan sampah-sampah dari properti dukungan (banner, dll.) sering ditinggalkan begitu saja ditempat duduk. Jelas ini membuat studion tempat perlombaan menjadi kotor sekali sehabis pertandingan bola. Biarpun ada yang bertugas untuk membersihkan, bukan berarti kamu menjadi orang yang tidak bertanggung jawab! Mulai biasakan untuk membuang sampah pada tempatnya. Ini dilakukan untuk menjaga kebersihan, membudidayakan gaya hidup sehat, juga sebagai contoh untuk anak-anak bagaimana memperlakukan lingkungan sekitar!

Selain kebersihan, juga selalu keamanan dalam menonton pertandingan. Hal ini dapat dilakukan paling mudahnya dengan menjaga kedisplinan. Jangan membuat acara menjadi ricuh dengan melakukan hal-hal yang tidak diinginkan seperti melempar-lempar barang atau provokatif terhadap supporter sebelah. Perilaku tidak baik tersebut bisa saja menjadi akar permasalahan yang bisa berakibat fatal. Seperti contoh korban supporter Persija Jakarta yang sudah disebutkan sebelumnya!

  • Sportif

Saking cintanya sama tim kesayangan, kadang bikin lupa bahwa ada orang lain yang memiliki pendapat yang berbeda. Kekalahan tim bisa membuat kita merasa menjadi sedih, tidak jarang kesal. Namun bukan berarti kamu melampiaskan kekesalan kamu kepada supporter sebelah. Coba untuk membiasakan diri menjadi orang yang sportif, terima kekalahan dengan lapang dada dan rasa hormat. Ini bisa membuat suasan pertandingan bola menjadi lebih nyaman dan tentram. Harus diingat, bahwa disetiap pertandingan selalu ada yang menang dan ada yang kalah! Buktikan kamu supporter loyal dengan terus memberikan dukungan kepada tim kesayangan dalam kondisi menang maupun kalah!

 

Nah, itu dia 4 aturan tidak tertulis yang wajib diketahui dan laksanakan untuk semua supporter bola dimana saja! Buat suasana pertandingan menjadi seru namun tetap aman dan nyaman supaya semua orang bisa menikmati pertandingan. Semoga bermanfaat! (Della)