3 Hal Sederhana Namun Berbahaya untuk Kesehatan

, , Comment closed

Dalam kehidupan sehari-hari, ada beberapa hal sederhana yang seringkali kita lakukan tanpa disadari. Padahal, jika ditelisik lebih jauh dan bahkan melalui pemeriksaan kesehatan, kebiasaan ini bisa berdampak pada kesehatan kita dan juga membahayakan, lho. Nah, apa saja sih hal-hal tersebut? Cek dalam artikel berikut ini:

  1. Menghabiskan banyak waktu untuk menonton tv atau main Seringkali kita menjadikan nonton tv dan bermain gadget sebagai kegiatan bersantai di akhir pekan atau setelah selesai bekerja. Kegiatan ini memang bisa membawa efek relaksasi jika dilakukan sewajarnya alias satu atau dua jam saja. Namun demikian, yang terjadi di lapangan biasanya seseorang akankesehatanmenghabiskan waktu berjam-jam di depan televisi atau untuk scrolling media sosial. Hal ini membahayakan, sebab menurut penelitian, kebiasaan menonton televisi dalam waktu lama bisa meningkatkan risiko obesitas dan juga diabetes. Tidak hanya itu, studi yang dilakukan oleh JAMA Psychiatry juga menemukan bahwa menonton televisi lebih dari tiga jam bisa menurunkan kemampuan kognitif otak.
  2. Terlalu serius dalam menanggapi media sosial. Twitter dan instagram mungkin menjadi dua aplikasi sosial yang sering kalian buka setiap harinya. Keduanya bisa membawa dampak positif pada kita, jika kita menggunakannya dengan bijak. Kita bisa mendapatkan informasi secara cepat melalui twitter dan juga bisa browsing tempat-tempat wisata bagus di Instagram. Hanya saja, baik twitter juga instagram bisa berdampak buruk pada kesehatan mental kita saat kita menanggapinya terlalu serius. Kita mulai kecanduan, menghabiskan waktu di aplikasi ini, dan menanggapi semua postingannya secara serius. Hal ini bisa berujung pada penurunan mood dan juga depresi jika terus didiamkan.
  3. Duduk terus menerus dalam waktu lama. Dari pagi hingga sore, kita sudah menghabiskan waktu untuk duduk di balik kubikel. Begitu tiba saatnya pulang ke rumah, kita akan duduk lagi di transportasi umum entah itu kereta, motor, atau bahkan mobil. Sesampainya di rumah, kalau tidak duduk di depan televisi, maka kita akan berbaring. See, kita terlalu banyak menghabiskan waktu untuk duduk sepanjang hari. Sebaiknya kurangi deh kebiasaan ini. Sebab duduk dalam waktu lama dan kurang aktivitas fisik bisa meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

Nah, setelah mengetahui fakta di baliknya, sebaiknya kurangi kebiasaan di atas sedikit demi sedikit, ya! Semoga membantu!