2 Jenis Ban Mobil Berdasarkan Konstruksi

, , Comment closed

Ban mobil adalah komponen mobil yang sangat memengaruhi kenyamanan dan keselamatan berkendara. Apalagi untuk mobil dengan kapasitas besar seperti Mitsubishi Canter, memilih ban yang tepat dan sesuai dengan muatan serta jenis kendaraan merupakan hal yang wajib. Sebab, ban akan menjadi penopang beban total kendaraan sehingga pemilihan ban yang salah akan berisiko menyebabkan pecah ban.

Dalam pemilihan ban, selain ukuran ban, Anda juga harus menentukan jenis ban yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Agar Anda tidak salah memilih, berikut ini adalah 2 jenis ban berdasarkan konstruksi:

  1. Ban bias

Ban bias adalah ban yang paling banyak digunakan oleh pengendara. Struktur ban bias dibuat dari banyak lembar cord yang digunakan sebagai frame atau rangka ban. Pola konstruksi pada ban ini yaitu susunan dua benang atau lebih yang melingkar dari bead ke bead dengan membentuk sudut 40 hingga 65 derajat terhadap garis lingkaran ban. Ban ini memiliki tapak atau tread dengan daya serap terhadap benturan yang baik sehingga terasa lebih nyaman digunakan, khususnya untuk melalui jalanan dengan permukaan yang tidak rata. Karena ban ini banyak digunakan, sehingga akan mudah ditemui di toko ban manapun. Akan tetapi, ban ini tergolong cepat aus sehingga tergolong kurang awet.

  1. Ban radial

Pola konstruksi pada ban radial yaitu carcass cord membentuk sudut 90 derajat terhadap keliling lingkaran ban. Selain itu, pada lapisan serat ban ini dilengkapi dengan lapisan sabuk dengan arah searah lingkar ban. Ban radial yang lapisan sabuknya terbuat dari bahan serat baja, biasanya disebut dengan radial baja. Ban ini memiliki ketahanan terhadap guncangan dan keausan yang sangat baik, tetapi tapaknya kaku sehingga kurang nyaman jika digunakan untuk berkendara di permukaan jalan yang tidak rata. Namun, ban ini memiliki “rolling resistance” yang kecil, sehingga meringankan bahan bakar saat digunakan untuk berkendara dalam kecepatan tinggi dan jarak yang jauh.

Nah, setelah mengetahui jenis ban serta kelebihan dan kelemahannya, silakan Anda menentukan sendiri jenis ban mana yang cocok untuk Anda. (Vita)